Jalan-jalan, yuk!




CIPANAS
Alternatif Selain Puncak

Bosan dengan suasana Puncak, ajak keluarga Anda ‘turun’ sedikit ke Cipanas, di sini akan Anda temukan sisi wajah lain ‘Bumi Pasundan’ yang khas dengan keindahan alam dan udara sejuk. Wisata alam menjelajahi dataran tinggi Pasundan ini tak hanya menyenangkan, tapi juga menyegarkan, apalagi lokasinya yang hanya 2 jam dari Jakarta.

Taman Bunga Nusantara
Terletak di Desa Kawung-luwuk Kec. Sukaresmi Cipanas-Cianjur, hadir Taman Bunga Nusantara yang menyajikan keindahan dan pesona bunga serta alam yang tertata apik. Didirikan pada 10 September 1995, taman display pertama di Indonesia ini menghadirkan berbagai koleksi tanaman bunga dari seluruh dunia--di atas lahan seluas 35 hektar ini hadir koleksi bunga yang indah dan segar, mulai dari tanaman tropis hingga dingin.

Koleksi tanaman yang terdapat di taman bunga yang beralamat di Jln. Mariawati KM 7, Desa Kawung Luwuk, Cipanas, Cianjur ini dihadirkan dalam taman-taman indah yang berisi satu jenis tanaman saja, misalnya taman mawar atau taman palem. Ada juga taman yang koleksi bunganya disesuaikan asalnya, seperti taman Prancis, taman Amerika, atau taman Jepang.

Kebun Strawberry
Memetik dan mencicipi langsung strawberry dari pohonnya? Silakan saja ke Kebun Strawberry yang ada di daerah Cipanas, Cianjur. Tak hanya menikmati segarnya strawberry yang dipetik langsung—ada perbedaan rasa antara strawberry yang dibeli di pasar dan yang diambil langsung dari pohonnya—petualangan ‘memanen’ strawberry bersama keluarga tentu akan jadi momen yang menyenangkan. Lokasi kebun ini Anda berada di Jalan Raya Puncak-Cipanas, tak jauh dari Hotel Sangga Buana.

Istana Presiden Cipanas
Inilah landmark kota Cipanas, Istana Presiden Cipanas. Istana yang dibangun pada 1740 di atas tanah seluas 25 hektar ini dulu kerap digunakan Bung Karno sebagai tempat mencari ilham untuk menyusun pidato-pidato kenegaraan. Di Istana ini juga tersimpan berbagai koleksi ukiran Jepara dan lukisan dari maestro seni lukis Indonesia, seperti Affandi dan Basuki Abdullah. Jadi, tak hanya berwisata panorama, Anda dan keluarga juga bisa menambah wawasan tentang salah satu potret sejarah bangsa ini.

Kebun Raya Cibodas
Pada 1977, UNESCO menetapkan Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) sebagai salah satu cagar biosfer yang ada di Indonesia. Kebun yang beralamat di Jln. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, ini hadir koleksi tanaman yang meliputi tanaman anggrek, kaktus, tanaman sukulen, dan paku-pakuan, dan lain-lain.

Kebun Wisata Inkarla
Wisata Agro Inkarla menawarkan keindahan alam pegunungan dipadu beragam tanaman hias dan bunga potong. Lokasi Wisata Agro yang mulai dirintis sejak 1980 ini, berada lebih kurang 100 meter sebelum pintu gerbang Kebun Raya Cibodas. Sangat pas untuk Anda yang membutuhkan ketenangan untuk beristirahat atau meeting.

Cagar Alam Gunung Gede-Pangrango
Berdampingan dengan kebun raya terletak Cagar Alam Gunung Gede, Gunung Gede ini merupakan satu rangkaian acara kunjungan para pecinta alam. Di Puncak Gunung Gede ini terdapat kawah serta padang rumput yang ditumbuhi bunga abadi Edelweis yang menjadi daya tarik. Tak hanya puncaknya yang penuh petualangan alam, di kaki gunung juga ada bumi perkemahan yang tak kalah serunya untuk dijajal.

Taman Wisata Situ Gunung
Taman Wisata Situ Gunung masih bagian dari Taman Nasional Gede-Pangrango di Sukabumi. Di kawasan wisata seluas hampir 100 hektar, Anda bisa menikmati suasana alam khas pegunungan. Tempat ini juga menawarkan berbagai tantangan termasuk tracking di alam terbuka.

*(tulisan ini pernah dimuat di Majalah Health First ed. 1/2008)

Comments

Popular Posts