Berpikir Positif

De Pawer op Positif Maind
Pygmalion dan Hukum Berpikir Positif


Tiwo, ini gue dapet dari Sri Rahma Ambarningrum (ambarha@yahoo.com) lewat milist langkahkaki_sma2depok. Soal berpikir positif. Baca, yah.

Pygmalion, pemuda yang bakat seni memahat. Dia piawai banget kalo urusan mahat patung. Ukiran tangan Pygmalon, katanya, bagus. Tetapi bukan soal bakat dan ke-gape-annya itu yang bikin dia terkenal dan disenengin temen dan tetangganya.

Pygmalion dikenal sebagai orang yang punya pikiran positif. Dia ngeliat segala sesuatu dari sudut yang baik. Contohnya, kalo lapangan di tengah kota becek, orang-orang ngomel. Tapi Pygmalion malah bilang, “Untunglah, lapangan yang laen nggak sebecek ini. Misalnya lagi, pas ada pembeli patung ngotot nawar harga, temen-temennya Pygmalion pada ngerumpiin, “Kikir banget, tuh, orang.” Tapi, Pygmalion justru bilang, “Kali aja orang itu lagi butuh ngeluarin duit buat urusan laen yang lebih perlu”. Contoh lainnya lagi. Pas anak-anak nyolong apel di kebonnya, Pygmalion nggak ngomel-ngomel sambil nyela. Dia malah ngerasa kasian. “Kasian, itu anak-anak kurang dapet pendidikan sama makan yang cukup di rumahnya,” gitu dia bilang.

Gitu, deh, cara pandang Pygmalion. Dia nggak ngeliat suatu keadaan dari segi buruk, tapi justru dari segi baik. Dia nggak pernah mikir buruk soal orang lain; sebaliknya, dia nyoba bayangin hal-hal baik di balik perbuatan buruk orang laen.

Suatu hari, Pygmalion lagi ngukir satu patung cewek dari kayu yang alus banget. Patung itu ukurannya kayak orang beneran. Pas udah kelar, patung itu mirip banget sama manusia. Muka patung itu senyum manis banget. Badannya mulus dan emang menarik banget. Nah, temen-temennya Pygmalion pada bilang, “sebagus-bagusnya patung, itu cuma patung, bukan isteri loe, Lon.”

Biar dibilang gitu, Pygmalion tetep nge-treat patung itu kayak orang beneran. Itu patung diliatin terus dan dielus-elus. Nah, dewa-dewa yang tinggal di Gunung Olympus ternyata merhatiin dan ngehargain sikap Pygmalion. Trus, mereka mutusin buat ngasih anugerah ke Pygmalion, ngubah patung itu jadi orang beneran.

Gitu, deh. Pygmalion akhirnya idup bahagia sama isterinya itu yang konon jadi cewek paling cantik di Yunani. Nama Pygmalion dikenang sampe sekarang buat ngegambarin faedahnya kalo punya pola berpikir yang positif. Kalau kita mikir positif soal keadaan atau orang lain, sering hasilnya beneran positif. Misalnya, pas kita ramah sama orang lain, maka orang itu juga jadi ramah sama kita. Pas kita memperlakuin anak kita kayak anak yang cerdas, akhirnya dia beneran jadi cerdas. kalo kita yakin bahwa upaya kita bakalan berhasil, gede banget kemungkinannya usaha kita itu bakal berhasil.

Manfaat pola pikir positif itu disebut dampak Pygmalion. Pikiran kita emang sering banget punyai dampak fulfilling prophecy atau ramalan yang kesampean, positif atau negatif. Kalo kita nganggap tetangga kita judes tru kita nggak mau gaul sama dia, maka akhirnya, ya, dia beneran jadi judes. Kalo kita curiga dan nganggap anak kita nggak jujur, ya, akhirnya dia beneran jadi nggak jujur. Kalo kita udah putus asa dan ngerasa nggak sanggup di awal usaha kita, gede banget kemungkinannya kita beneran bakal gagal.

Pola pikir Pygmalion adalah mikir, ngeduga, dan ngarep cuma yang baik-baik aja soal keadaan atau orang lain. Bayangin, gimana seberapa gede dampaknya kalo kita punya pola pikir positif kayak gitu. Kita nggak bakal punya prasangka buruk sama orang lain. Kita nggak bakal gunjingin desas-desus yang jelek soal orang lain. Kita nggak bakalan ngeduga-duga yang jahat soal orang lain.

Kalo kita mikir buruk soal orang lain, emang selalu ada aja bahan buat ngeduga hal-hal yang jelek. Kalo ada temen yang ngasih hadiah ke kita, jelas itu perbuatan baik. Tapi, kalo kita mikir jelek, kita bakalan curiga. “Kali dia lagi nyoba ngebujuk kita.” Atau, kita malahan ngomel, “Ah, hadiahnya cuma barang murahan.”

Yang rugi dari pola pikir kayak gitu, ya, diri kita sendiri. Kita jadi gampang curiga. Kita jadi nggak bahagia. Gampang emosi dan lain-lain. Sebaliknya, kalo kita mikir positif, kita bakal nikmatin hadiah itu dengan senang dan bersyukur, “Dia baik, ya. Biar kata sibuk, dia inget buat ngasih hadiah buat kita.”

Warna idup atau kata orang bule, ‘de kaler op laif’ emang tergantung warna kaca mata yang kita pake. Kalo kita make kaca mata abu-abu, semuanya bakal keliatan abu, burek. idup jadi kelabu dan suram. Tapi, kalo kita make kaca mata yang terang, segala sesuatu bakal keliatan cerah. Kaca mata yang punya prasangka atau benci bakal bikin idup kita penuh curiga dan dendam. Tapi, kaca mata yang damai malah akan bikin idup kita damai.

Hidup bakal jadi baik kalo kita mandangnya dari segi yang baik. Mikir baik soal diri sendiri. Mikir baik soal orang lain. Mikir baik soal keadaan. Mikir baik soal Tuhan. Hasil dari mikir baik kayak gitu bakal kita rasain. Keluarga jadi anget. Temen jadi bisa dipercaya. Kita dipercaya temen. Tetangga jadi akrab. Kerjaan jadi bikin seneng. Dunia jadi ramah. Idup jadi indah. Kayak Pygmalion itu, deh.

Comments

Popular Posts