alternative healt solution

Herbal Remedies
yang hijau, yang bikin sehat

SETELAH membaca artikel ini, jangan sembarangan menilai tumbuhan yang Anda lihat di sembarang tempat. Beberapa tumbuhan, baik batang, buah, umbi, ataupun daunnya, terbukti secara medis dan diakui secara turun-temurun memiliki khasiat yang mampu menyembuhkan sakit Anda.

DAUN DEWA
Tanaman yang tergolong tanaman semak tahunan ini mengandung saponin, flavonoid, minyak atsiri, dan antikoagulan. Tak heran jika tanaman yang kerap dikenali sebagai Sambung Nyawa (khususnya di Jawa Tengah) ini punya segudang khasiat. Salah satunya adalah untuk mengatasi stroke (umbi daun). Selain stroke, daun dan umbi tanaman daun dewa juga memiliki khasiat sebagai obat rematik (daun), kencing manis (daun), perdarahan dan payudara membengkak (daun), jantung (umbi daun), luka bakar atau luka teriris (umbi daun), gigitan binatang buas (umbi), flek hitam pada wajah (getah daunnya), diabetes, dan berbagai penyakit dalam (rebusan daun keringnya).

BROTOWALI
Termasuk familia Menispermaceae, tumbuh ini dapat ditemui di daerah pantai. Mengandung zat pahit pikroretin dan alkaloid berberina, tanaman ini berkhasiat untuk beragam pengobatan, seperti membersihkan luka dan koreng, menyembuhkan gatal-gatal pada kulit, menambah nafsu makan, mengobati malaria, demam, hepatitis, diabetes, dan rematik.

BANDOTAN
Tanaman termasuk familia Compositae dan banyak tumbuh di sawah, ladang, semak belukar, halaman kebun, tepi jalan, tanggul, dan tepi air. Tanaman ini memiliki banyak nama lain, seperti Tahi Anjing, Tahi Asu, Selasdeh Dandi, Wedusan (Jawa), atau Ki Bau (Sunda). Mengandung kumarine, eugenol 5%, dan HCN, tanaman ini berkhasiat untuk menurunkan panas, obat mencret (disentri), serta obat luka (obat luar).

ASAM JAWA
Memiliki nama ilmiah Tamarindus Indica L. tamanan ini termasuk familia Caesalpiniaceae yang memiliki kandungungan asam yang tinggi. Seringkali ditemui di tepi-tepi jalan raya (sebagai pohon perindang), buah tanaman ini berkhasiat untuk mengobati bisul, jerawat, gatal, batuk kering, sariawan, campak, borok (luka berair dan bernanah, gatal, dan pedih), serta masalah kewanitaan seperti nyeri haid, haid bau anyir, dan keputihan.

BELIMBING WULUH
Untuk batangnya, Belimbing Wuluh mengandung saponin, tanin, glucoside, kalsium oksalat, sulfur, dan asam format; sedangkan daunnya mengandung tanin, sulfur, asam format, dan perokside. Belimbing Wuluh berkhasiat untuk mengobati gusi berdarah, jerawat, tekanan darah tinggi, diabetes, sakit gigi (buah); obat batuk (daun, bunga, buah), gondongan (daun), rematik (daun), dan sariawan (bunga).

(dari berbagai sumber)

Comments

peri musim said…
hei, apizh, mampir nih di dapur kata. hehehe.
Anonymous said…
Gitaa? Hehehe, 'si keras' ini terus berjalan rupanya.
Unknown said…
dapet ilmu baru nEch..aq!!!!

Popular Posts