dalam tuhuh yang anu terdapat jiwa yang anu


Aerobik
Jangan Malas Menggerakan Tubuh Untuk Sehat


Pernah berkunjung ke kawasan Stadion Gelora Bung Karno pada sore hari? Fenomena apa yang Anda saksikan di sekeliling stadion tersebut? Benar, banyak orang yang menghabiskan sore hari dengan berolah raga di sekeliling stadion kebanggaan Indonesia tersebut. mulai dari anak-anak hingga dewasa berbaur melakukan joging, meregangkan rubuh, berjalan-jalan santai, dan senam areobik yang dipandu seorang instruktur dengan iringan musik yang riang.

Tumbuhnya minat berolah raga di masyarakat kota seperti Jakarta, sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun belakangan, seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan pentingnya kesehatan. Dengan kesadaran pentingnya kesehatan, semakin beragam pula kegiatan olah fisik yang dilakukan untuk menjaga vitalitas tubuh, salah satunya adalah senam aerobik. Lihat saja sekarang, latihan aerobik semakin diminati masyarakat, tak terbatas masyarakat kota yang melewati hari-harinya dengan berbagai kesibukan, namun juga di masyarakat pinggiran. Kenyataan lain yang membanggakan, demi memuaskan keinginan untuk berolah raga, masyarakat kota tidak saja menyerbu pusat-pusat kebugaran, namun juga fasilitas umum yang memungkinkan dilakukan senam aerobik ini atau mengikuti gelaran senam aerobik massal ditempat-tempat terbuka. Beberapa contoh tempat yang populer saat ini adalah kawasan Senayan, Monas, Ancol, dan sejumlah taman kota.

Bahkan kalau kita perhatikan, setiap Jumat pagi sejumlah instansi baik swasta maupun pemerintah, rutin menggelar senam aerobik bagi para karyawannya. Atau, setiap sore hari, hampir setiap kawasan permukiman di pinggiran kota juga digelar kegiatan senam aerobik bersama. Tua, muda, pria, wanita, maupun anak-anak tampak semangat mengikuti gerak sang instruktur senam.

Bicara lebih jauh mengenai aerobik, senam yang biasanya diiringi musik ini, digolongkan dalam dua kategori utama, aerobik low impact dan aerobik high impact. Dua alternatif ini memberikan pilihan kepada peminatnya untuk menentukan pilihan sesuai kemampuan fisik mereka. Aerobik low impact sangat baik bagi pemula juga mereka yang memiliki berat badan berlebih, dan wanita hamil. Gerakan-gerakan aerobik low impact tidak sekuat aerobik high impact. Setiap gerakannya, seperti menendang, jalan di tempat, salah satu kaki selalu berada di lantai. Sedangkan, high impact banyak menggunakan gerakan joging, lari, dan lompat. Meski demikian, keduanya, baik yang low impact (aerobik benturan ringan) maupun high impact (benturan keras) sama-sama banyak peminatnya.

Mengenai manfaat aerobik, menurut banyak pengakuan, latihan aerobik sangat bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Latihan ini diyakini memberi banyak manfaat, antara lain meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh, kelenturan, membakar kalori, memperlancar peredaran darah, dan lain-lain. Tidak hanya manfaat pada fisik, dengan terbiasa melakukan gerakan aerobik, tubuh akan terasa segar dan luwes.

Lantas, jenis latihan apa saja yang harus dilakukan? Untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru dapat dilakukan dengan jalan cepat, lari, bersepeda (stasioner maupun sepeda biasa), dan berenang. Sementara untuk menguatkan otot-otot dapat dilakukan dengan latihan beban. Sedangkan, untuk kelenturan dapat dilakukan dengan peregangan, baik dengan cara berdiri maupun duduk. Beberapa alat bantu yang sering digunakan, misalnya tembok, kursi, lemari, dan lain-lain. Untuk membakar lemak, senam aerobik low impact maupun high impact dapat menjadi pilihan. Manfaat positif pada tubuh akan lebih terasa bila latihan aerobik dilaksanakan secara rutin, tiga kali seminggu, rata-rata 30 menit setiap latihan.

Namun, bagi Anda yang tidak sempat melaksanakan latihan aerobik sebenarnya bisa melakukan olah raga ringan lainnya setiap hari. Misalnya, dengan menaiki tangga gedung di tempat bekerja, memarkir kendaraan jauh-jauh sehingga ada kesempatan jalan kaki. Atau, Anda juga bisa melakukan hobi yang menggerakan tubuh, misalnya berkebun, menyapu, mengepel tanpa menggunakan pel bergagang, atau bersih-bersih rumah. Selamat mencoba!

Comments

Popular Posts