new year festive

New Year’s Festive Around The World
yang unik-unik dari mancanegara

Di sejumlah negara di berbagai belahan dunia, menyambut dan merayakan tahun baru ternyata nggak selalu dengan dar-der-dor petasan dan prat-pret-prot terompet, layaknya di Jakarta. Ada beberapa negara lain yang memiliki kebiasaan unik saat merayakan pergantian tahun. Let’s see them!

Brazil
Lemanja adalah dewa laut yang terkenal dalam legenda masyarakat di negara ini. Untuk menghargai Dewa Lemanja, pada tengah malam setiap 1 Januari, dengan berbaju putih bersih masyrakat Brazil berbondong-bondong menuju pantai. Mereka menaburkan bunga di laut, mengubur mangga, pepaya, dan semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan terhadap sang dewa.

Italia
Di Naples, salah satu kota di Italia, ada kebiasaan unik, melemparkan barang-barang yang sudah usang atau tidak terpakai lagi ke luar jendela tepat pukul 24:00 pada 31 Desember. Nah, apabila Anda berjalan-jalan di Naples pada 1 Januari, jangan heran apabila Anda menemukan banyak peralatan dapur, lemari es dan barang-barang rongsokan lainnya yang tersebar di jalanan. Boleh dibawa pulang, nggak, ya?

Jepang
Di setiap tahun baru, masyarakat Jepang biasanya menikmati santapan yang terdiri dari tiga jenis makanan yang sudah diawetkan, yaitu telur ikan (sebagai simbol kemakmuran), ikan sardin asap (biasa disebut tatsukuri, berarti tanah yang subur), dan manisan tumbuhan laut (yang merupakan simbol perayaan).

Jerman
Menurut kepercayaan masyarakat Jerman, jika mereka menyantap sisa hidangan pesta perayaan new year’s eve pada 1 Januari, mereka tidak akan kekurangan pangan selama setahun penuh. Di Berlin, makanan klasik yang biasa disajikan di hari istimewa ini ialah ikan mas. Uniknya, duri ikan mas tersebut akan dibagi-bagikan kepada tamu untuk dibawa pulang sebagai good luck charm pada tahun itu.

Korea
Kalau di Indonesia orang Indonesia punya sapaan, “Sudahkah Anda minum Yakult hari ini?” masyarakat Korea juga memiliki sapaan akrab di setiap tahun baru, “Sudahkah Anda makan Thuck-Gook?” Menurut kepercayaan masyarakat Korea, apabila pada malam pergantian tahun mereka menyantap kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar dan kerupuk nasi atau thuck gook, mereka percaya bahwa mereka tidak akan menjadi tua pada tahun itu.

Spanyol
Setiap 31 Desember, ketika jam berdenting menunjukkan tepat tengah malam, masyarakat Spanyol biasanya menyantap anggur dan berdoa. Jumlah anggur yang dimakan biasanya hanya 12 biji, dengan maksud untuk 12 harapan pada 12 bulan di tahun yang akan datang.

Yunani
Menurut orang Yunani buah delima melambangkan kesuburan dan kesuksesan. Pada setiap 1 Januari, masyarakat Yunani menebarkan biji buah delima ke arah pintu rumah, toko, atau perkantoran demi kesuburan dan kesuksesan.

*mengutip (sudah melalui edit) dari http://oryza.blogsome.com/ dengan judul asli Tradisi Unik Tahun Baru

Comments

Popular Posts